Latihan Soal PSAJ USP ASAJ SD MI Tahun 2024-2025

Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD Tahun 2024


Latihan Soal USP ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD Tahun 2024. Ujian sekolah telah berganti Nama dengan Istilah Asesmen Sumatif dengan berbagi variasi nama tergantung daerah masing-masing, ada yang menyebut dengan istilah ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP dan lainnya. Sebagaimana diketahui Untuk mengetahui perkembangan dan kemajuan belajar siswa, perlu dilakukan Asesmen terhadap hasil belajar yang telah dilaksanakan baik melalui tes maupun nontes seperti terlihat dalam bagan teknik pengumpulan informasi di bawah. Asesmen dilakukan tidak hanya untuk menilai hasil belajar siswa melainkan juga menilai proses belajar siswa. Dalam melakukan evaluasi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guru terutama yang berhubungan dengan taksonomi tujuan pengajaran, teknik evaluasi, jenis tes yang akan digunakan, dan tujuan evaluasi yang dilakukan. Dengan demikian, evaluasi yang dilakukan menjadi terarah dan terencana.

 

Sebelum kamu mempelajari Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SMP Tahun 2024, yu ketahui apa itu Asesmen. Asesmen merupakan program asesmen yang dilakukan secara berkesinambungan untuk menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan (Cross,1989). Secara umum, tujuan asesmen adalah untuk 1) menilai pembelajaran di kelas, 2) meningkatkan pembelajaran dan kualitas belajar siswa dan bukan sekedar menentukan skor. Oleh karena itu, asesmen merupakan suatu strategi pengumpulan dan penganalisisan informasi yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan berkaitan dengan semua aspek pembelajaran (Cole & Chan,1994). Selain tujuan di atas, hasil asesmen dapat memenuhi banyak tujuan, tiga diantaranya adalah placement, instruction, dan communication.

 

Sampai saat ini sistem Asesmen di sekolah umumnya menggunakan teknik

tes. Asesmen dengan menggunakan teknik ini kita sebut asesmen konvensional. Teknik tes ini tidak selengkapnya dapat menggambarkan kemajuan belajar siswa secara menyeluruh, sebab laporan itu berupa angka – angka atau huruf – huruf dan gambaran maknanya sangat abstrak. Untuk melengkapi gambaran kemajuan belajar siswa guru dapat menggunakan teknik lain yang sudah kita kenal sebagai teknik nontes. Penilaiaan dengan teknik nontes ini kita sebut asesmen alternatif.

 

Asesmen alternatif dapat dipakai sebagai penunjang dalam memberikangambaran pengalaman dan kemajuan belajar siswa secara menyeluruh. Melalui penggunaan asesmen alternatif ini, guru, orang tua, dan bahkan siswa dapat mengetahui kemajuan dan kemampuan belajarnya. Hal ini sesuai dengan tuntutan PBK bahwa Asesmen dilakukan secara terpadu dalam kegiatan KBM melalu portofolio, hasil karya (produk), penugasan (proyek), kinerja (performance), dan tes tertulis. Dengan demikian, PBK harus dirancang guru dan dilaksanakan sehingga diperoleh informasi tentang pencapaian dan kemajuan belajar siswa dan mengefektifkan penggunaan informasi tersebut dalam mencapai tujuan pendidikan.

 

Ada beberapa pihak yang dapat melakukan asesmen hasil belajar peserta didik ada tiga, yakni pendidik (guru), satuan pendidikan (sekolah) dan pemerintah. Asesmen oleh pendidik adalah asesmen hasil belajar peserta didik yang dilakukan oleh pendidik secara brkesinambungan yang bertujuan memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Asesmen oleh pendidik merupakan asesmen pertama setelah peserta didik menjalani proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Hasil asesmen oleh guru akan sebanding atau relative sama dengan hasil asesmen oleh satuan pendidikan atau pemerintah.

 

Saat ini dikenal Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Soal Asesmen Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (ASASP), Soal Penilaian Sumatif Antar Jenjang (PSAJ) Soal Penialaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP). Lalu apa sebenarnya fungsi asesmen tersebut ? “Menurut Suharsimi Arikunto fungsi asesmen adalah sebagai berikut:

1) Asesmen berfungsi selektif

Asesmen berfungsi selektif ini maksudnya adalah dengan diadakannya asesmen oleh guru maka guru mempunyai cara untuk mengadakan seleksi kepada siswa. Asesmen ini juga mempunya tujuan yaitu:

a) Untuk memilih siswa yang dapat diterima di sekolah tertentu.

b) Untuk memilih siswa yang dapat naik kelas atau tingkat berikutnya.

c) Untuk memilih siswa yang seharusnya mendapat beasiswa.

d) Untuk memilih siswa yang sudah berhak meninggalkan sekolah dan sebagainya.

2) Asesmen berfungsi diagnostik

Asesmen berfungsi sebagai diagnostik ini maksudnya adalah ketika suatu alat yang digunakan dalam asesmen cukup memenuhi persyaratan, maka dengan melihat hasilnya guru akan mengetahui kelemahan siswa dan juga penyebababnya”. Dengan diketahui kelemahan dan penyebab kelemahan pada siswa tersebut, maka guru akan lebih mudah dalam mencari cara mengatasinya”.

3) Asesmen berfungsi sebagai penempatan

Asesmen berfungsi sebagai penempatan ini maksudnya ialah ketika mengadakan asesmen maka guru dapat menempatkan siswa pada kelompok belajar sesuai dengan tingkat pemahamnnya

4) Asesmen berfungsi sebagai pengukuran keberhasilan

Asesmen berfungsi sebagai pengukur keberhasilan ini maksudnya guru mengetahui sejauh mana program itu berhasil diterapkan. Karena keberhasilan suatu program ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor guru, metode mengajar, kurikulum, saranan, dan sistem administrasi”.

 

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi dari asesmen ini sangatlah banyak, tidak hanya menilai hasil belajar siswa saja melainkan juga berfungsi selektif agar siswa dapat diterima dalam jenjang sekolah tertentu.

 

Bagi Kamu yang membutuhian Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Soal Asesmen Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (ASASP), Soal Penilaian Sumatif Antar Jenjang (PSAJ) Soal Penialaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) dan Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) untk Siswa SD Kelas 6 Tahun 2024 mengunakan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013, silahkan diakses link yang tersedia di bawah ini.


Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP PAI BP SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Pendidikan Pancasila (PPKn) SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Indonesia SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Matematika SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  IPA SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  IPA SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  IPS SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  PJOK Penjas SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Seni Budaya dan Prakarya SD Tahun 2024

Link download Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP  Bahasa Jawa SD Tahun 2024


 

Demikian informasi tentang Link download Soal Asesmen Sumatif Antar Jenjang (ASAJ) Soal Asesmen Sumatif Satuan Pendidikan (ASSP) Soal Asesmen Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (ASASP), Soal Penilaian Sumatif Antar Jenjang (PSAJ) Soal Penialaian Sumatif Satuan Pendidikan (PSSP) Soal Penilaian Sumatif Akhir Satuan Pendidikan (PSASP) SD Kelas 6 mengunakan Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 atau Latihan Soal ASAJ ASSP ASASP PSAJ PSSP PSASP SD Tahun 2024. Seoga ada manfaatnya

 


No comments

Theme images by Flashworks. Powered by Blogger.