Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP-M). Kementerian Agama akan menggelar Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah yang direncakan mulai bulan Nopember tahun 2020 ini. Rencana tersebut disampaikan melalui Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Nomor: B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Perihal: Penyampaian Petunjuk Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.
Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP-M) adalah penilaian terhadap kompetensi pengawas madrasah sebagai bagian
penilaian kinerja pengawas madrasah dalam rangka pembinaan karir, kepangkatan
dan jabatannya. AKP merupakan cara untuk memetakan kompetensi pengawas madrasah
sebagai acuan dalam pembinaan dan pengembangan profesi pengawas madrasah.
Hasil Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP-M) yang digunakan sebagai
acuan dalam pembinaan dan peningkatan keprofesian berkelanjutan akan berdampak positif
pada perbaikan kinerja pengawas madrasah dan peningkatan mutu pendidikan.Akurasi
hasil Asesmen Kompetensi Pengawas atau AKP
yang telah dipetakan digunakan sebagai dasar program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
(PKB) dan menjadi bagian dari proses Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).
Kisi-kisi Soal Asesmen Kompetensi
Pengawas Madrasah (AKP-M) atau materi yang diujikan terkait dengan Kompetensi
Supervisi Manajerial, Kompetensi Supervisi Akademik, Kompetensi Evaluasi
Pendidikan dan Kompetensi Penelitian dan Pengembangan
Berikut ini Indikator Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
(AKP-M) sebagaimana terlampir dalam Surat Direktorat Jenderal Pendidikan
Islam Nomor : B-1753/DJ.I/Dt.I.II/PP.00/08/2020 Perihal : Penyampaian Petunjuk
Teknis Pelaksanaan Asesmen Kompetensi GTK Madrasah.
1. Kompetensi Supervisi Manajerial
a. Menguasai metode, teknik dan prinsip-prinsip supervisi
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di madrasah
b. Menyusun program kepengawasan berdasarkan visi, misi,
tujuan dan program pendidikan di madrasah
c. Menyusun metode kerja dan instrumen yang diperlukan
untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi pengawasan di madrasah.
d. Menyusun laporan hasil-hasil pengawasan dan
menindaklanjutinya untuk perbaikan program pengawasan berikutnya di madrasah.
e. Membina kepala madrasah dalam pengelolaan dan
administrasi satuan pendidikan berdasarkan manajemen peningkatan mutu
pendidikan di madrasah.
f. Membina kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan
bimbingan konseling di madrasah.
g. Mendorong guru dan kepala madrasah dalam merefleksikan
hasil- hasil yang dicapainya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan dalam melaksanakan
tugas pokoknya di madrasah.
h. Memantau pelaksanaan delapan standar nasional
pendidikan dan memanfaatkan hasil-hasilnya untuk membantu kepala madrasah dalam
mempersiapkan akreditasi madrasah.
2. Kompetensi Supervisi Akademik
a. Memahami konsep, prinsip, teori dasar, karakteristik,
atau mata pelajaran di Madrasah.
b. Memahami konsep, prinsip, teori/teknologi,
karakteristik proses pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
c. Membimbing guru dalam menyusun silabus mata pelajaran di
Madrasah berlandaskan standar isi, standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan
prinsip-prinsip pengembangan KTSP.
d. Membimbing guru dalam memilih dan menggunakan strategi/metode/teknik
pembelajaran/bimbingan yang dapat mengembangkan berbagai potensi siswa melalui pelajaran
di Madrasah.
e. Membimbing guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) untuk tiap mata pelajaran di Madrasah.
f. Membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran/bimbingan
(di kelas, laboratorium, dan/atau di lapangan) untuk mengembangkan potensi
siswa pada tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
g. Membimbing guru dalam mengelola, merawat,
mengembangkan dan menggunakan media pendidikan dan fasilitas
pembelajaran/bimbingan tiap bidang mata pelajaran di Madrasah.
h. Memotivasi guru untuk memanfaatkan teknologi informasi
untuk pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
3. Kompetensi Evaluasi Pendidikan
a. Menyusun kriteria dan indikator keberhasilan pendidikan
dalam pembelajaran/bimbingan di Madrasah.
b. Membimbing guru dalam menentukan aspek-aspek yang
penting dinilai dalam pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
c. Menilai kinerja kepala madrasah, guru, dan staf Madrasah
dalam melaksanakan tugas pokok dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan
dan pembelajaran/bimbingan tiap mata pelajaran di Madrasah.
d. Memantau pelaksanaan pembelajaran/bimbingan dan hasil
belajar siswa serta menganalisisnya untuk perbaikan mutu pembelajaran/bimbingan
tiap mata pelajaran di Madrasah.
e. Membina guru dalam memanfaatkan hasil penilaian untuk
perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbingan mata pelajaran di
Madrasah.
f. Mengolah dan menganalisis data hasil penilaian kinerja
kepala madrasah, kinerja guru, dan staf madrasah.
4. Kompetensi Penelitian dan
Pengembangan
a. Menguasai berbagai pendekatan, jenis, dan metode penelitian
dalam pendidikan.
b. Menentukan masalah kepengawasan yang penting diteliti
baik untuk keperluan tugas pengawasan maupun untuk pengembangan karirnya
sebagai pengawas.
c. Menyusun proposal penelitian pendidikan baik proposal
penelitian kualitatif maupun penelitian kuantitatif.
d. Melaksanakan penelitian pendidikan untuk pemecahan
masalah pendidikan, dan perumusan kebijakan pendidikan yang bermanfaat bagi
tugas pokok tanggung jawabnya.
e. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian pendidikan
baik data kualitatif maupun data kuantitatif.
f. Menulis karya tulis ilmiah (PTS) dalam bidang
pendidikan dan atau bidang kepengawasan dan memanfaatkannya untuk perbaikan
mutu pendidikan.
g. Menyusun pedoman/panduan dan/atau buku/modul yang
diperlukan untuk melaksanakan tugas pengawasan di madrasah.
h. Memberikan bimbingan kepada guru tentang penelitian
tindakan kelas, baik perencanaan maupun pelaksanaannya di madrasah.
Berikut ini Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP-M) yang
dapat digunakan dalam persiapan menghadapi Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
tahun 2020.
Paket 1 Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (disini)
Paket 2 Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (disini)
Paket 3 Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (disini)
Paket 4 Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (disini)
Demikian informasi tentang Latihan Soal Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah
(AKP-M). Semoga ada manfaatnya, terima kasih.
0 Comments