Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan?

Mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan? Agar kita tahu yu kita baca dulu apa itu energi dan sumber energi. Energi merupakan suatu kemampuan yang dilakukan untuk melakukan kegiatan atau usaha. Sedangkan suatu benda bisa dikatakan memiliki energi apabila benda tersebut bisa menghasilkan suatu gaya yang bisa melakukan usaha atau kegiatan. Secara umum sumber energi ada dua jenis, yaitu sumber energi tak terbarukan dan sumber energi yang dapat dibarukan (terbarukan).


1. Sumber Energi Tak Terbarukan
Energi tak terbarukan adalah energi yang diperoleh dari sumber daya alam yang waktu pembentukannya sampai jutaan tahun. Dikatakan tak terbarukan karena, apabila sejumlah sumbernya dieksploitasikan, maka untuk mengganti sumber sejenis dengan jumlah sama, baru mungkin atau belum pasti akan terjadi jutaan tahun yang akan datang. Hal ini karena, disamping waktu terbentuknya yang sangat lama, cara terbentuknya lingkungan tempat terkumpulkan bahan dasar sumber energi inipun tergantung dari proses dan keadaan geologi saat itu.
Contoh sumber energi tak terbarukan adalah :
a) Energi yang Berasal dari Fosil
Energi yang berasal dari fosil adalah energi yang kesediaan sumbernya di alam terbatas, sumber energi yang berasal dari fosil adalah batu bara, minyak bumi, dan gas alam.
b) Sumber Energi yang Berasal dari Mineral Alam
Mineral alam bisa dimanfaatkan menjadi sumber energi setelah melalui beberapa proses, contohnya uranium yang bisa menghasilkan energi nuklir.

2. Sumber Energi Terbarukan
Konsep energi terbarukan mulai dikenal pada tahun 1970-an, sebagai upaya untuk mengimbangi pengembangan energi berbahan bakar nuklir dan fosil. Definisi paling umum adalah sumber energi yang dapat dengan cepat dipulihkan kembali secara alami, dan prosesnya berkelanjutan. Contoh sumber energi terbarukan adalah Energi Panas Bumi, Energi Surya, Tenaga Angin, Tenaga Air, Biomassa.

Perubahan Energi
Pada prinsipnya energi dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan energi tersebut terjadi setelah terjadi perubahan energi. Contoh perubahan energi antara lain sebagai berikut :
·          Energi listrik menjadi energi cahaya, misalnya pada lampu
·          Energi listrik menjadi energi kimia, misalnya pada pengisian aki, pengisian baterai isi ulang.
·          Energi cahaya menjadi energi kimia, misalnya fotosintesis
·          Energi listrik menjadi energi bunyi, misalnya bel listrik, radio, tape recorder, dan televise.
·          Energi listrik menjadi energi gerak, misalnya kipas angin, blender, mikser dll.
·          Energi listrik menjadi energi panas, misalnya setrika listrik, solder listrik, kompor listrik, magic jar, pemanggang listrik
·          Energi listrik menjadi energi magnet, misaknya alat pengangkat besi yang menggunakan magnet listrik
·          Energi kimia menjadi energi listrik, misalnya baterai dan aki pada saat digunakan
·          Energy kimia menjadi energi gerak, misalnya makanan yang kita makan dapat menghasilkan energy sehingga kita dapat bergerak dan melakukan aktivitas
·          Energi kimia menjadi panas, misalnya minyak tanah yang digunakan untuk menyalakan kompor menghasilkan panas
·          Energi kinetic menjadi energi bunyi, misalnya benda yang jatuh dari ketinggian tertentu akan menghasilkan bunyi
·          Energi gerak menjadi energi panas, misalnya roda-roda mesin yang saling bergesekan dapat menghsilkan panas
·          Energi kinetic menjadi energi listrik, misalnya dinamo yang diputar atau digerakkan oleh ban sepeda

Berikut ini adalah contoh-contoh pemanfaatan energi dalam kehidupan sehari – hari:
·          Pesawat memanfaatkan tenaga dari putaran baling-baling
·          Sel surya memanfaatkan energi cahaya matahari
·          Perahu layar memanfaatkan energi angin
·          Terompet memanfaatkan energi dari tiupan
·          Kincir angin memanfaatkan energi angin
·          Kincir air memanfaatkan energi air
·          Dinamo sepeda memanfaatkan energi gerak
·          PLTN memanfaatkan energi nuklir
·          PLTU memanfaatkan energi uap

Lalu mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan? Karena energi merupakan sumber kehidupan seluruh umat manusia kalau digunakan secara berlebihkan energi akan cepat habis. Jadi kita tidak boleh menggunakan energi secara berlebihan  agar ketersedian akan energi untuk massa depan tidak akan habis.

Agar semua kegiatan tetap berjalan lancar ada baiknya kita harus memanfaatkan energi sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan cara melakukan menghemat energi mulai dari energi listrik hingga energi minyak bumi tentu saja dapat melestarikan energi tersebut serta memajukan perekonomian bangsa. Jika kita memanfaat energi tidak berlebihan, maka kita generasi yang akan datang sebagai pengganti kita kelak juga akan tetap merasakan manfaat dari adanya sumber energi tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.


Demikian penjelasan tentang Alasan mengapa pemanfaatan sumber energi tidak boleh berlebihan Semoga ada manfaatnya, terima kasih. Selamat belajar.