Berikut ini (draf) Contoh
Proposal Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program
Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan Karakter)
Kata Pengantar
Usaha untuk meningkatkan mutu
pendidikan secara terus menerus telah dilakukan oleh pemerintah melalui Dinas
Pendidikan, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ). Dan Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam upaya melaksanakan kebijakan tersebut, Direktorat
Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan akan Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS
Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal dan PPK (Pengembangan Pendidikan
Karakter)
Berdasar dari kebijakan tersebut kami
telah membuat usulan dalam bentuk Proposal untuk kegiatan Bantuan Pemerintah
Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun 2017 Fokus Pada Program Penyusunan Soal Dan PPK (Pengembangan
Pendidikan Karakter), sehingga diharapkan dapat memberikan sumbangan untuk
meningkatkan mutu pendidikan agar dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan.
Proposal ini berisikan
kegiatan-kegiatan pokok program Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS Tahun
2017yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2017 dengan mengacu pada
kesesuaian program peningkatan mutu pendidikan serta kesinambungan pembangunan dimasa
yang akan datang.
Mudah-mudahan proposal ini dapat
diterima dan bermanfaat.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan paradigma pendidikan di era
globalisasi ini mengharuskan adanya perubahan pola pikir guru. Guru harus
mengantisipasi dan mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa,
reoriantasi pembelajaran dari teaching menjadi learning, akreditasi dan kultur
kelas, keterampilan guru dalam membuat
soal yang bermutu serta pengembangan
pendidikan karakter. Perubahan pola pikir guru dalam mengelola dan
melaksanakan dan mengevaluasi proses pembelajaran, menuntut untuk lebih kreatif
dan berinovasi dalam melaksanakan perubahan proses pembelajaran untuk
meningkatkan mutu layanan pendidikan.
Kelompok Kerja Guru ( KKG ) merupakan suatu wadah asosiasi atau
perkumpulan bagi guru di Sekolah Dasar ( SD ) yang berada dalam satu Gugus,
berfungsi sebagai sarana saling berkomonikasi, belajar dan bertukar pikiran
serta pengalaman dalam rangka meningkatkan kinerja guru sebagai praktisi /
pelaku perubahan reoriantasi pembelajaran di kelas.
Sejalan dengan program Kementerian Pendidikan
dan kebudayaan yang berupaya meningkatkan
kompetensi guru terutama terkait keterampilan
guru dalam membuat soal yang bermutu serta pengembangan pendidikan karakter dengan menetapkan kebijakan berupa
pemberian dana langsung ( Block Grant ) kepada KKG / MGMP yang ada di
Kota/Kabupaten melalui Ditjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami
sangat mendukung program tersebut karena Bantuan
Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS dapat mendukung secara optimal peningkatan
kemampuan profesional guru dalam pembelajaran.
Sehubungan dengan
adanya informasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan tentang adanya Bantuan
Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS pada tahun Anggaran 2017, untuk itu kami
mengajukan proposal ini untuk mendapatkan bantuan dana Block Grant tersebut.
B. Tujuan
Program pemberian Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block Grant kepada Kelompok
Kerja Guru ( KKG) bertujuan untuk :
•
Meningkatkan kompetensi guru melalui berbagai
aktifitas di KKG terutama dalam kaitanya dengan Pengembangan Soal yang
berstandar Nasional (USBN)
•
Memberikan Pembekalan Pengembangan Pendidikan
Karakter bagi guru-guru
•
Memetakan masalah pembelajaran yang dihadapi
oleh guru sehari-hari dengan saling berbagi pengalaman dari contoh praktek yang
baik ( Best Practice )
C. Sasaran
Sasaran program revitalisasi melalui Bantuan Pemerintah Bagi KKG/MGMP/MKKS atau Block
Grant kepada Kelompok Kerja Guru ( KKG) adalah guru-guru yang menjadi
anggota kelompok KKG kecamatan ..........
kab...................(Untuk MGMP
Mapel ............... Kab...............)
D. Hasil yang
diharapkan
Melalui pemberian dana Block Grant
diharapkan hal-hal sebagai berikut :
•
Adanya peningktan Kompetensi guru dalam
pembuatan soal yang bermutu (USBN untuk MGMP)
•
Adanya peningkatan pengetahuan guru tentang
peningkatan Pengembangan Pendidikan Karakter 9ppk0
•
Kinerja guru akan meningkat
•
Adanya masukan langsung terhadap permasalahan
dan kendala yang dihadapi guru dilapangan.
E. Manfaat
Block Grant akan menberikan manfaat
kepada berbagai pihak, antara lain :
1. Bagi Guru : Dapat meningkatkan kompetensi guru terutama
terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter
2. Bagi Siswa : Dapat meningkatkan prestasi belajar
siswa di sekolah
3. Bagi Sekolah : Terciptanya guru-guru yang kompeten dan propesional
terutama terkait penyusunan soal yang bermutu dan Pengembangan Pendidikan
Karakter di SD peserta Gugus KKG Kec......../ di SMP peserta MGMP mapel ................
4.Bagi Pemerintah : Tersedianya
soal Ujian Sekolah (US) / Soal Ujian Sekolah Berstandar Naional yang bermutu.
BAB II DESKRIPSI
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN
Pada tahun 2014 dan
2015, forum KKG Guru Kelas Gugus ........ Kecamatan ............. kab/Kota .................. melaksanakan
berbagai kegiatan yang meliputi :
•
Penyusunan Prota dan Prosem
•
Menyusun Silabus
•
Sosialisasi Kurikulum 2013
•
Menyusun Rencana Pembelajaran pada semua tingkatan
kelas
•
Mencari dan membahas berbagai metode yang
dipakai dalam pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013
•
Membuat Kisi-kisi soal
•
Melaksanakan Analisis SKL
Dari
sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di atas, para guru yang menjadi peserta KKG
Gugus .......... menunjukan kemajuan yang cukup baik. Tingkat pemahaman mereka
terhadap materi kegiatan tersebut menunjukan peningkatan dari tahun sebelumnya.
Sebagai contoh pada tahun 2015 pemahaman mereka tentang kurikulum 2013 hanya 55
% maka pada tahun 2016 meningkat menjadi 80 %. Disamping itu, para pendidik
semakin menyadari akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan karir mereka
dan tuntutan tugas mereka di sekolah. Ini artinya Forum seperti Kelompok kerja Guru
( KKG ) ini memiliki konstribusi dalam upaya untuk meningkatkan pengetahuan,
keterampilan dan juga propesionalisme guru.
BAB III RENCANA
PROGRAM DAN KEGIATAN KKG GUGUS ...... KOTA................... (MGMP MAPEL .............. KAB...........)
A. Jenis Program,
Tujuan dan Kegiatan
1. Jenis Program
Program Kegiatan yang
akan dilaksanakan adalah Peningkatan Kompetensi guru dalam Penulisan Soal yang
bermutu dan Pengembangan Pendidikan Karakter.
2. Tujuan
Secara umum tujuan Pelaksanaan Program
tersebut di atas adalah untuk meningkatkan Kompetensi dan propesionalisme guru
dan juga meningkatkan daya kreasi dan inovasi guru dalam kegiatan pembelajaran
di kelas. Secara khusus tujuan Pelaksanaan Program adalah:
a. Meningkatkan
Kemampuan guru dalam Penyusunan Soal yang Bermutu
b. Meningkatkan
kemampuan guru dalam memahami Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
c. Meningkatkan
kemampuan Guru dalam Penyusunan Soal US / USBN
d. Meningkatkan kemampuan guru dalam Pengembangan
Pendidikan Karekater
f. Meningkatkan
kemampuan guru dalam penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan
Karekater di sekolah
3. Kegiatan
a.
Workshop Penyusunan Soal yang Bermutu
b.
Bedah Kisi-kisi US (untuk MGMP bedah
kisi-kisi USBN)
c.
Praktek Penyusunan Soal US / USBN
d.
Workshop Pengembangan Pendidikan
Karekater
f.
Penyusuanan rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah
B. RENCANA ANGGARAN
BIAYA
NO
|
KEGIATAN/ SUB
KEGIATAN
|
VOLUME
|
SATUAN
(Rp)
|
JUMLAH
( Rp)
|
I
|
PERSIAPAN
1.Rapat Persiapan
a. Konsumsi ( 13 Orang x1 kegiatan )
b. ATK
2. Transport
pengantaran proposal
|
13 OK
13 OK
1 OK
|
||
JUMLAH I
500.000,-
|
||||
II
|
PELAKSANAAN
1. Nara sumber ( 1
Orang x 10 Kegiatan )
a. Transport
b. Honor
2. Peserta ( 10 Orang
x 10 Kegiatan )
a. Transport
b. Honor
3. Panitia ( 2
Orang x 10 Kegiatan )
a. Transport
b. Honor
4. ATK
5. Konsumsi
|
10 OK
10 OK
100 OK
100 OK
20 OK
20 OK
130 OK
|
\
|
|
JUMLAH II
|
||||
III
|
LAPORAN PEMANTAUAN
INTERNAL
1. ATK
2. Dekomentasi /
Penggandaan
3.Transport
Pengantaran Laporan
|
|||
JUMLAH III
|
||||
IV
|
DESIMININASI /
SEMINAR
1. Transport Nara
Sumber (1 Orang )
2. Honor Nara
Sumber ( 1 Orang )
3. Transport
Peserta (30 Orang x 1 Kegiatan )
4. Transport
Panitia ( 2 Orangx 1 Kegiatan )
5. Konsumsi ( 33
Orang x 1 Kegiatan )
6. ATK dan
Penggandaan Desiminasi
|
1 OK
1 OK
30 OK
2 OK
33 OK
|
||
JUMLAH IV
|
||||
JUMLAH I + II + III + IV
|
C. JADWAL KKG KELAS V
GUGUS ...................
No
|
PERTEMUAN /TANGGAL
|
MATERI
|
NARA SUMBER
|
HASIL YANG
DIHARAPKAN
|
1
|
I
|
Workshop Penyusunan
Soal yang Bermutu
|
||
2
|
II
|
Bedah Kisi-kisi US
(untuk MGMP bedah kisi-kisi USBN)
|
||
3
|
III
|
Praktek Penyusunan
Soal US / USBN
|
||
4
|
IV
|
Praktek Penyusunan
Soal US / USBN
|
||
5
|
V
|
Praktek Penyusunan
Soal US / USBN
|
||
6
|
VI
|
Praktek Penyusunan
Soal US / USBN
|
||
7
|
VII
|
Workshop
Pengembangan Pendidikan Karekater
|
||
8
|
VIII
|
Penyusuanan
rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah
|
||
9
|
IX
|
Penyusuanan
rencana penerapan Pengembangan Pendidikan Karekater di sekolah
|
BAB IV PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan
bahwa :
•
KKG Guru Kelas sangat berperan dalam
meningkatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan agar memiliki kompetensi, kualifikasi
dan propesionalisme yang standar.
•
KKG dapat menjadi wadah berbagi ilmu dan
pengalaman sekaligus memetakan berbagai masalah yang dihadapi dalam proses
pembelajaran .
•
Hasil pertemuan KKG dapat menjadi acuan bagi
guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
•
Dana pendukung dalam kegiatan operasional KKG
berupa Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) sangat diharapkan oleh sekolah
inti sebagai penyelenggara kegiatan maupun SD Imbas sebagai anggota dalam Gugus
..........
•
Dengan adanya KKG diharapkan dapat menumbuhkan
daya kreasi dan inovasi guru dalam pembelajaran, sehingga akan berimbas pada
peningkatan proses pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa.
B. SARAN
Agar KKG dapat
berjalan sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya harus didukung oleh berbagai
pihak.
• Dana Bantuan Langsung ( Block Grant ) agar
berkesinambungan dan ditindaklanjuti pada masa-masa yang akan datang.
•
Semoga terjalinnya kerjasama yang harmonis
antara sekolah Inti sebagai penyelenggara dengan sekolah Imbas sebagai anggota
Gugus.
============================================
0 Comments