Download Contoh Pakta integritas Calon Peserta PPG tahun 2022. Melalui surat Ditjen GTK nomor 0248/B2/GT.00.03/2022 tanggal 4 Februari 2022 yang diperbaharui dengan surat Ditjen GTK nomor 0305/B2/GT.00.04/2022 tanggal 11 Februari 2022, Ditjen GTK Kemdikbud Ristek Dikti telah menyampaikan informasi pendaftaran seleksi PPG Dalam Jabatan tahun 2022. Berdasarkan surat tersebut para guru mulai tanggal 10 Februari 2022 dapat melakukan pendaftaran dengan mengunggah berbagai dokumen persyaratan melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB masing-masing.
Dokumen yang diunggah akan
dilakukan verifikasi dan validasi, dalam unggah file, guru harus mengunggah
file hasil scan berwarna dari dokumen aslinya. Dengan demikian proses
verifikasi dan validasi lebih lancar karena petugas lebih mudah mengidentifikasi
keaslian dan keabsahan dokumen yang diperiksanya.
Dengan mengunggah hasil scan
berwarna dari dokumen yang asli juga tidak merepotkan para guru, karena mereka
tidak perlu untuk melakukan legalisasi/pengesahan dari berbagai institusi yang
menerbitkan dokumen-dokumennya.
Penjelasan mengenai
dokumen-dokumen yang perlu disiapkan oleh para guru untuk keperluan pendaftaran
seleksi administrasi PPG dalam jabatan tahun 2022 disajikan sebagai berikut :
Mekanisme pendaftaran
·
Pendaftaran secara online melalui laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB mulai tanggal 12
hingga 25 Februari 2022. Setelah semua dokumen persyaratan diunggah jangan lupa
submit/ajukan. Pengalaman tahun sebelumnya ada guru yang mengunggah dokumen
namun lupa tidak klik tombol submit/ajukan.
·
Selanjutnya guru yang telah mendaftar agar
memantau melalui SIMPKB-nya agar mengetahui jika oleh petugas verval diberi
saran untuk memperbaiki ajuan pendaftaran. Hasil seleksi administrasi akan
disampaikan melalui SIMPKB pada tanggal 7 Maret 2022.
Linieritas ijazah S1/D4
·
Para guru diharapkan telah mempelajari
lampiran surat Ditjen GTK nomor 0305/B2/GT.00.04/2022
tanggal 11 Februari 2022 yang berisi tabel linieritas bidang studi PPG.
Pastikan bidang studi PPG yang akan dipilih linier dengan program studi S1/D4
ijazah yang dimiliki.
·
Guru bisa memilih bidang studi PPG lintas
jenjang, misalnya seorang guru SMA bisa
memilih bidang studi PPG pendidikan guru sekolah dasar sepanjang
memiliki ijazah S1/D4 dalam program studi yang tercantum pada kode 027 tabel
linieritas.
Dokumen SK awal mengajar
·
SK awal mengajar adalah Surat Pengangkatan
pertama kali menjadi guru di sekolah formal baik negeri maupun swasta. Status
kepegawaian dalam SK pengangkatan pertama sebagai guru boleh sebagai CPNS
maupun guru honor di sekolah negeri serta swasta.
Dokumen SK keaktifan
mengajar
·
Peserta PPG dalam jabatan adalah guru yang
masih aktif mengajar hingga saat ini baik sebagai PNS maupun non PNS. Guru PNS
dibuktikan keaktifan mengajarnya dengan SK pengangkatan PNS maupun SK kenaikan
pangkat terakhir.
·
Guru non PNS di sekolah swasta dibuktikan
dengan mengunggah file SK pengangkatan 2 tahun terakhir (2020/2021 dan
2021/2022) sebagai guru tetap dari yayasan/badan hukum pendidikan yang menaungi
sekolahnya.
·
Guru non PNS di sekolah negeri dibuktikan
dengan mengunggah file SK sebagai guru honor daerah 2 tahun terakhir (2020/2021
dan 2021/2022).
Dokumen SK pembagian tugas
mengajar
·
Guru melaksanakan pekerjaannya berdasarkan SK
Kepala Sekolah tentang pembagian tugas mengajar. Untuk keperluan PPG Dalam
jabatan tahun 2022 para guru harus mengunggah file SK pembagian tugas mengajar
2 tahun terakhir (2020/2021 dan 2021/2022).
Dokumen
pakta integritas
Contoh
Pakta integritas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2022. Pakta
integritas dibuat dengan format sesuai contoh di lampiran surat Ditjen GTK.
Setelah diisi lengkap kemudian ditempel materei Rp. 10.000,- dan
ditandatangani.
Link download Contoh Pakta integritas Calon Peserta PPG Daljab (Dalam Jabatan) tahun 2022 (disini)
Semua dokumen tersebut
discan berwarna dari dokumen ASLI-nya, kemudian diunggah ke laman https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SIMPKB guru. Apabila file
yang diunggah berasal dari scan fotokopian dokumen maka sebelumnya harus
dilegalisir/disyahkan sesuai petunjuk dalam surat edaran Ditjen GTK nomor
0248/B2/GT.00.03/2022 tanggal 4 Februari 2022 yang file-nya dapat diunduh di
sini.
Setelah semua dokumen
berhasil diunggah sebaiknya diteliti kembali, setelah yakin tidak ada kesalahan
selanjutnya pastikan anda klik submit/ajukan. LPMP D.I. Yogyakarta mengucapkan
selamat mendaftarkan diri dalam seleksi administrasi PPG Dalam Jabatan tahun
2022.
Demikian informasi tentang Contoh Pakta integritas Calon Peserta PPG Dalam Jabatan (Daljab) tahun 2022. Semoga ada manfaatnya.
0 Comments