Contoh Soal Uji Kompetensi Asesor Sekolah BAN S/M

Soal Uji Kompetensi Asesor BAN SM. Uji kompetensi asesor akreditasi Sekolah/Madrasah (BAN SM) adalah kegiatan uji kompetensi bagi para calon asesor yang akan melaksanakan mengikuti diklat asesor dan bagi mereka yang akan melaksanakan akreditasi ke sekolah/madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan asesor bermutu yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melaksanakan akreditasi secara profesional. Dengan demikian, setiap provinsi memiliki asesor dalam jumlah yang cukup dan dapat mendukung pelaksanaan akreditasi yang bermutu untuk menjamin pendidikan bermutu.

Hasil dari uji kompetensi asesor  Sekolah/Madrasah  (BAN SM) adalah terpilihnya sejumlah asesor yang memenuhi kebutuhan akreditasi di seluruh Indonesia, baik kuantitas maupun kualitas. Asesor yang memahami perangkat akreditasi dan sistem penilaian menggunakan Sispena-S/M, serta memiliki kemampuan untuk melaksanakan visitasi secara profesional dan bertanggung jawab di lintas jenjang. Para Asesor yang terpilih akan mengikuti Pelatihan, bagi calon yang memenuhi syarat saat mengikuti diklat akan mendapatkan sertifikat untuk melaksanakan tugasnya sebagai asesor satu jenjang dan/atau asesor yang mampu melaksanakan asesmen lintas jenjang.

Persyaratan peserta uji kompetensi asesor BAN SM antara lain: 1) telah ditetapkan oleh BAN S/M sebagai calon asesor yang memenuhi persyaratan minimal yang ditetapkan oleh BAN S/M atau sudah pernah menjadi asesor pada tahun sebellumnya; 2) Telah memenuhi syarat administratif dan mengikuti ujian substantif sebagai calon asesor yang dilaksanakan oleh BAN- S/M Provinsi, antara lain terkait kepatuhan terhadap kode etik asesor.

Seperti apa materi Soal Uji Kompetensi Asesor Akreditasi BAN S/M ? Berdasarkan informasi dari pengawas sekolah dan dosen yang pernah menjadi asesor sekolah, Soal Uji Kompetensi Asesor (UKA) baik bagi Calon Asesor maupun bagi yang sudah menjadi Asesor pada intinya terkait dengan kebijakan akreditasi di sekolah, mekanisme akreditasi, tugas, peran dan kewajiban asesor, kode etik asesor dan sejumlah materi yang tercantum dalam buku panduan asesor.

Admin, tidak tahu pasti tentang contoh Soal Uji Kompetensi Asesor Akreditasi Sekolah di BAN S/M. Namun kalau dengan bantuan bhak google ada beberapa contoh soal ujia kompetensi asesor. Bagi yang mau mencoba berikut link download / unduh contoh Soal Uji Kompetensi Asesor BAN SM.

Link download / unduh contoh Soal Uji Kompetensi Asesor BAN SM

Mudah-mudahan link contoh Soal Uji Kompetensi Asesor BAN S/M tersebut masih dapat diakses. Sedangkan untuk membaca berbagai materi yang mungkin terkait dengan Uji Kompetensi Asesor BAN S/M, Bapak/Ibu atau Akang/Teteh bisa membaca literasi tentang Akreditasi sekolah melalui laman resmi BAN S/M Kemendikbud.