BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS 6 (VI) KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2018 |
Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018. Proses pembelajaran
pada Pendidikan Dasar
dan Menengah (untuk
pelaksanaan Kurikulum 2013) diatur melalui Peraturan Menteri Pendidikan
dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 yang dipayungi dengan Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses beserta
lampirannya. Dalam lampiran Peraturan
Menteri tersebut dinyatakan
tentang konsep dasar
mengenai proses pembelajaran yaitu
bahwa peserta didik
dipandang sebagai subjek
yang memiliki kemampuan untuk
secara aktif mencari, mengolah, mengkonstruksi, dan menggunakan pengetahuan.
Sejalan dengan pandangan tersebut, pembelajaran harus berkenaan dengan kesempatan yang
diberikan kepada peserta
didik untuk mengkonstruksi pengetahuan dalam proses
kognitifnya. Selanjutnya, agar
benar-benar memahami dan
dapat menerapkan
pengetahuan, peserta didik
perlu didorong untuk
bekerja memecahkan masalah,
menemukan segala sesuatu untuk dirinya, dan berupaya keras mewujudkan ide- idenya.
Salah satu sarana untuk
mewujudkan proses pembelajaran yang bermutu diperlukan Buku Siswa. Hal ini
disebabkan karena Buku Siswa berisi penjelasan mengenai konten dan aktivitas
pembelajaran. Baik uraian konten maupun kegiatan pembelajaran yang ada dalam
buku siswa dapat dikembangkan lebih
lanjut oleh guru.
Guru dan peserta
didik dapat mengembangkan dan
atau menambah kegiatan
sesuai dengan kondisi
dan kemampuan sekolah, guru,
dan peserta didik.
Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk
memberikan pemahaman lebih kepada peserta
didik terhadap pengetahuan
yang dipelajari, keterampilan
yang dilatihkan, dan sikap yang dikembangkan.
Materi pembelajaran
pada Buku Siswa
dan Buku Guru memiliki muatan sebagai berikut.
a.
Cakupan KD pada Buku Teks Pelajaran. KD-KD
pada setiap bab
Buku Siswa maupun
Buku Guru tergambar
dengan jelas baik secara
ekplisit maupun implisit. KD
yang dimaksud meliputi KD
pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
b.
Keluasan, kedalaman, kekinian, dan keakuratan materi pembelajaran dalam tiap
bab Buku Siswa dan Buku Guru sesuai dengan cakupan KD.
c.
Contoh materi pembelajaran
pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru.
d.
Kelayakan kegiatan pembelajaran dalam tiap bab Buku Siswa dan Buku Guru. Buku Siswa dan Buku Guru dinyatakan layak jika
materi pembelajaran memuat KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
e.
Kelayakan penilaian dalam tiap bab Buku Siswa dan Guru. Buku Siswa
dan Buku Guru dinyatakan layak
jika terdapat penilaian
untuk mengukur KD pada KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4.
Seperti kita ketahui, bahwa tujuan
guru mengajar adalah untuk menyampaikan informasi atau materi ajar dan juga untuk
mengembangkan kemampuan berpikir siswa.Oleh karena itu agarguru dapat menyampaikan
materi secara baik maka guru dituntut memiliki kemampuan menjelaskan informasi secara
baik pula. Sementara itu agar guru dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa
maka guru dituntut untuk memiliki kemampuan bertanya yang baik pula. Dengan adanya
Buku Guru dan Buku Siswa diharapkan dapat menjadi pendukung utama dalam membantu
guru menjelaskan sebuah konsep dan juga dapat menjadi pemicu untuk penemuan
konsep itu sendiri melalui pertanyaan yang bermakna.
Untuk membantu Bapak/Ibu
Guru SD yang akan melaksanakan Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 berikut ini
admin sharekan Link Download Buku Guru
dan Buku Siswa Kelas 6 (VI) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Berikut Link Download Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 6 Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2018
BG Pendidikan Agama SD Kelas
6: [PAI],
BS Pendidikan Agama SD Kelas
6: [PAI],
Demikian info tentang Buku Guru dan Buku SD/MI Kelas 6 (VI)
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, semoga bermanfaat. Terima kasih.
0 Comments